Apa Itu Saluran Kemih Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Organ utama sistem kemih adalah ginjal. Tubuh Anda mengambil nutrisi dari makanan dan menggunakannya untuk mempertahankan semua fungsi tubuh termasuk energi dan perbaikan sendiri. Setelah tubuh Anda mengambil apa yang dibutuhkan dari makanan, produk limbah tertinggal di dalam darah dan di usus. Sistem kemih bekerja dengan paru-paru, kulit dan usus yang semuanya juga mengeluarkan limbah untuk menjaga keseimbangan bahan kimia dan air dalam tubuh Anda.

Pembentukan urin adalah proses yang penting bagi seluruh organisme. Tidak hanya keseimbangan asam-basa yang dimodulasi olehnya, tetapi juga osmolaritas darah, komposisi plasma dan volume cairan dan karenanya memengaruhi semua sel dalam tubuh kita. Sistem kemih meliputi dua ginjal, dua ureter, kandung kemih, dua otot sfingter dan uretra.

Saluran Kemih

Saluran kemih adalah sistem drainase tubuh untuk mengeluarkan urin, yang terdiri dari limbah dan cairan ekstra. Agar buang air kecil normal terjadi, semua bagian tubuh dalam saluran kemih perlu bekerja bersama dalam urutan yang benar. Sistem kemih menghilangkan jenis limbah yang disebut urea dari darah Anda.

Urea diproduksi ketika makanan yang mengandung protein, seperti daging, unggas dan sayuran tertentu, dipecah dalam tubuh. Urea dibawa dalam aliran darah ke ginjal. Saluran Kemih merupakan alur kolektif organ pembentuk, pengumpul dan pengosongan urin. Yaitu ginjal,ureter,kandung kemih dan uretra.

Saluran kemih terdiri dari dua bagian yaitu saluran kemih bagian atas yang berada di ginjal hingga ureter proximal dan saluran kemih bagian bawah yang terdiri dari ureter distal, kandung kemih dan uretra.

Cara Kerja Saluran Kemih

Jumlah urin yang dihasilkan seseorang tergantung pada banyak faktor, seperti jumlah cairan dan makanan yang dikonsumsi seseorang dan jumlah cairan yang hilang melalui keringat dan pernapasan. Obat-obatan tertentu, kondisi medis, dan jenis makanan juga dapat memengaruhi jumlah urin yang dihasilkan. Anak-anak memproduksi urin lebih sedikit daripada orang dewasa; jumlah yang diproduksi tergantung pada usia mereka.

Ginjal adalah organ berbentuk kacang seukuran kepalan tangan Anda. Mereka berada di dekat tengah belakang, tepat di bawah tulang rusuk. Ginjal menghilangkan urea dari darah melalui unit penyaringan kecil yang disebut nefron. Setiap nefron terdiri dari bola yang terbentuk dari kapiler darah kecil, yang disebut glomerulus dan sebuah tabung kecil yang disebut tubulus ginjal.

Urea, bersama dengan air dan zat limbah lainnya, membentuk urin saat melewati nefron dan menuruni tubulus ginjal. Dari ginjal, urin mengalir kedalam dua tabung tipis yang disebut ureter ke kandung kemih. Panjang ureter sekitar 8 hingga 10 inci. Otot-otot di dinding ureter terus-menerus mengencang dan rileks untuk memaksa urin ke bawah menjauhi ginjal.

Jika urin dibiarkan diam, atau dicadangkan, infeksi ginjal dapat terjadi. Sejumlah kecil urin dikosongkan ke kandung kemih dari ureter setiap 10 hingga 15 detik.

Kandung kemih adalah organ berotot yang berbentuk seperti balon. Kandung kemih berada di panggul Anda dan ditahan di tempat oleh ligamen yang melekat pada organ lain dan tulang panggul. Kandung kemih menyimpan urin sampai Anda siap pergi ke kamar mandi untuk mengosongkannya.

Itu membengkak menjadi bentuk bulat ketika penuh dan semakin kecil saat kosong. Jika sistem kemih sehat, kandung kemih dapat menampung hingga 16 ons (2 gelas) urin dengan nyaman selama 2 hingga 5 jam. Otot-otot melingkar yang disebut sfingter membantu menjaga agar urin tidak bocor. Otot-otot sfingter menutup dengan rapat seperti gelang karet di sekitar lubang kandung kemih ke dalam uretra, saluran yang memungkinkan urin lewat di luar tubuh.

Saraf di kandung kemih memberi tahu Anda kapan saatnya untuk buang air kecil, atau mengosongkan kandung kemih Anda. Saat kandung kemih pertama kali diisi dengan urin, Anda mungkin merasakan bahwa Anda perlu buang air kecil. Sensasi buang air kecil menjadi lebih kuat ketika kandung kemih terus mengisi dan mencapai batasnya. Pada saat itu, saraf dari kandung kemih mengirim pesan ke otak bahwa kandung kemih penuh dan keinginan Anda untuk mengosongkan kandung kemih Anda meningkat.

Saat Anda buang air kecil, otak memberi sinyal pada otot kandung kemih untuk mengencangkan, memeras urin dari kandung kemih. Pada saat yang sama, otak memberi sinyal pada otot-otot sfingter untuk rileks. Saat otot-otot ini rileks, urin keluar dari kandung kemih melalui uretra. Ketika semua sinyal terjadi dalam urutan yang benar, buang air kecil yang normal terjadi.

Apa yang menyebabkan masalah pada sistem kemih?

Masalah dalam sistem kemih dapat disebabkan oleh penuaan, penyakit, atau cedera. Seiring bertambahnya usia, perubahan dalam struktur ginjal menyebabkan mereka kehilangan sebagian kemampuan mereka untuk menghilangkan limbah dari darah. Juga, otot-otot di ureter, kandung kemih dan uretra Anda cenderung kehilangan sebagian kekuatannya.

Anda mungkin memiliki lebih banyak infeksi saluran kemih karena otot-otot kandung kemih tidak cukup ketat untuk mengosongkan kandung kemih Anda sepenuhnya. Penurunan kekuatan otot-otot sfingter dan panggul juga dapat menyebabkan inkontinensia, kebocoran urin yang tidak diinginkan. Penyakit atau cedera juga dapat mencegah ginjal menyaring darah sepenuhnya atau memblokir saluran air seni.

Bagaimana Masalah Pada Sistem Saluran Kemih Terdeteksi?

Urinalisis adalah tes yang mempelajari kandungan urin untuk zat abnormal seperti protein atau tanda-tanda infeksi. Tes ini melibatkan buang air kecil ke dalam wadah khusus dan membiarkan sampel untuk dipelajari. Tes Urodinamik mengevaluasi penyimpanan urin di kandung kemih dan aliran urin dari kandung kemih melalui uretra. Dokter mungkin akan melakukan tes urodinamik jika Anda memiliki gejala yang menunjukkan masalah dengan otot atau saraf sistem kemih dan pelvis Anda yang lebih rendah — ureter, kandung kemih, uretra dan otot sfingter.

Tes rodinamik mengukur kontraksi otot kandung kemih saat mengisi dan mengosongkan. Tes dilakukan dengan memasukkan tabung kecil yang disebut kateter melalui uretra Anda ke kandung kemih untuk mengisinya secara benar dengan air atau gas. Tabung kecil lain dimasukkan ke dalam rektum atau vagina Anda untuk mengukur tekanan pada kandung kemih saat Anda batuk.

Tes kandung kemih lainnya menggunakan pewarna x-ray alih-alih air sehingga gambar x-ray dapat diambil ketika kandung kemih mengisi dan mengosongkan untuk mendeteksi adanya kelainan bentuk dan fungsi kandung kemih. Tes ini memakan waktu sekitar satu jam.

Apa Sajakah Gangguan Pada Sistem Kemih?

Gangguan pada sistem saluran kemih berkisar pada tingkat keparahan dari yang mudah diobati hingga yang mengancam jiwa.
Benign prostatic hyperplasia (BPH) adalah suatu kondisi pada pria yang mempengaruhi kelenjar prostat, yang merupakan bagian dari sistem reproduksi pria. Prostat terletak di bagian bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra.

BPH adalah pembesaran kelenjar prostat yang dapat mengganggu fungsi kemih pada pria yang lebih tua. Ini menyebabkan penyumbatan dengan meremas uretra, yang dapat membuatnya sulit untuk buang air kecil. Pria dengan BPH sering memiliki gejala kandung kemih lainnya termasuk peningkatan frekuensi pengosongan kandung kemih baik di siang hari dan di malam hari.

Sebagian besar pria di atas usia 60 memiliki BPH, tetapi tidak semua memiliki masalah dengan penyumbatan. Ada banyak pilihan perawatan berbeda untuk BPH.

Sindrom kandung kemih yang menyakitkan / Sistitis Interstitial (PBS / IC) adalah gangguan kandung kemih kronis yang juga dikenal sebagai sindrom frekuensi-urgensi-disuria. Pada kelainan ini, dinding kandung kemih bisa meradang dan teriritasi. Peradangan dapat menyebabkan jaringan parut dan pengerasan kandung kemih, penurunan kapasitas kandung kemih, perdarahan dan dalam kasus yang jarang terjadi, bisul di lapisan kandung kemih. Penyebab IC untuk saast ini belum diketahui.

Batu ginjal adalah istilah yang biasa digunakan untuk merujuk pada batu dalam sistem kemih. Batu terbentuk di ginjal dan dapat ditemukan di mana saja di sistem kemih. Mereka bervariasi dalam ukuran. Beberapa batu menyebabkan rasa sakit luar biasa sementara yang lain sangat sedikit. Tujuan pengobatan adalah untuk menghilangkan batu, mencegah infeksi dan mencegah kekambuhan. Baik perawatan bedah maupun non bedahn. Batu ginjal lebih sering diderita pria daripada wanita.

Prostatitis adalah peradangan pada kelenjar prostat yang menghasilkan frekuensi dan urgensi kemih, buang air kecil atau nyeri, suatu kondisi yang disebut disuria dan nyeri di punggung bagian bawah dan area genital, di antara gejala-gejala lainnya. Dalam beberapa kasus, prostatitis disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat diobati dengan antibiotik.

Tetapi bentuk prostatitis yang lebih umum tidak terkait dengan organisme penular yang diketahui. Antibiotik sering tidak efektif dalam mengobati bentuk prostatitis nonbakteri.

Proteinuria adalah adanya jumlah protein abnormal dalam urin. Ginjal yang sehat mengeluarkan limbah dari darah tetapi meninggalkan protein. Protein dalam urin tidak menyebabkan masalah dengan sendirinya. Tapi itu mungkin pertanda ginjal Anda tidak berfungsi dengan baik.

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal tidak mampu mengatur air dan bahan kimia dalam tubuh atau mengeluarkan produk limbah dari darah Anda. Gagal ginjal akut adalah serangan gagal ginjal mendadak. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kecelakaan yang melukai ginjal, kehilangan banyak darah, beberapa obat atau racun.

GGA dapat menyebabkan hilangnya fungsi ginjal secara permanen. Tetapi jika ginjal tidak rusak parah, mereka dapat pulih. Penyakit ginjal kronis (CKD) adalah pengurangan fungsi ginjal secara bertahap yang dapat menyebabkan gagal ginjal permanen, atau penyakit ginjal stadium akhir (ESRD).

Infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan oleh bakteri di saluran kemih. Wanita lebih sering terkena ISK dari pada pria. ISK diobati dengan antibiotik. Minum banyak cairan juga membantu mengeluarkan bakteri.

Nama ISK tergantung pada lokasinya di saluran kemih. Infeksi pada kandung kemih disebut sistitis. Jika infeksi ada di salah satu atau kedua ginjal, infeksi tersebut disebut pielonefritis. Jenis ISK ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada ginjal jika tidak dirawat dengan baik.

Retensi urin, atau masalah pengosongan kandung kemih adalah masalah urologis yang umum dengan banyak kemungkinan penyebab. Biasanya, buang air kecil dapat dimulai secara sukarela dan kandung kemih kosong sepenuhnya. Retensi urin adalah memegang urin yang abnormal di kandung kemih. Retensi urin akut adalah ketidakmampuan tiba-tiba untuk buang air kecil, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Penyebabnya bisa termasuk gangguan pada sistem kemih, stres, atau masalah neurologis. Retensi urin kronis mengacu pada adanya urin yang menetap di kandung kemih setelah pengosongan tidak lengkap. Penyebab umum retensi urin kronis adalah kegagalan otot kandung kemih, kerusakan saraf, atau penghalang di saluran kemih. Perawatan untuk retensi urin tergantung pada penyebabnya.

Itulah penjelasan mengenai saluran kemih dan cara kerjanya. Saluran kemih ini merupakan tempat atau saluran yang mengalirkan urin dari kandung kemih atau kantong kemih. Adapun fungsi dari kandung kemih atau kantong kandung kemih ini berfungsi untuk menampung urin sementara sebelum dibuang atau dikeluarkan melalui proses buang air kecil atau urin.

Author: Virgil Howell

Leave a Reply

Your email address will not be published.